Popular Post

Popular Posts

Posted by : Bana Na Saturday, November 30, 2013

       

          Sekarang ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Karena untuk mendapatkan air yang bersih, sesuai dengan standar tertentu, saat ini menjadi barang yang mahal karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dari hasil kegiatan manusia, baik limbah dari kegiatan rumah tangga, limbah dari kegiatan industri dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dan ketergantungan manusia terhadap air pun semakin besar sejalan dengan perkembangan penduduk yang semakin meningkat.
          Rapid Urban Growth yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia menimbulkan beberapa implikasi. Salah satunya adalah peningkatan jumlah penduduk yang pesat, diikuti pertumbuhan kawasan permukiman yang semakin padat. Salah satu konsekuensinya adalah jumlah konsumsi air bersih yang juga bertambah, diikuti pula dengan jumlah limbah cair yang dihasilkan juga bertambah. Peningkatan konsumsi air bersih dan peningkatan produksi air limbah sangat erat kaitannya karena sama-sama terproses dalam air tanah dangkal. Dengan semakin bertambahnya kesadaran masyarakat terhadap sanitasi dan kesehatan lingkungan, maka masalahpengelolaan dan pengolahan limbah di kawasan permukiman menjadi issue penting yang tumbuh di masyarakat.
           Dan dengan adanya permukiman-permukiman yang kurang terencana, maka dapat mengakibatkan sistem pembuangan limbah rumah tangga seperti pembuangan limbah kamar mandi/wc dan dapur tidak terkoordinasi dengan baik, sehingga limbah tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran air tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya penyebaran beberapa penyakit menular. Selain mengakibatkan terjadinya pencemaran air tanah dapat juga mengakibatkan lingkungan di daerah permukiman tersebut menjadi tercemar.
          Dalam pembuangan limbah domestik di daerah permukiman tersebut sebaiknya dilakukan pembuatan sistem jaringan pembuangan limbah yang dapat menampung dan mengalirkan limbah tersebut secara baik dan benar, agar dapat mencegah terjadinya kontak antara kotoran sebagai sumber penyakit dengan air yang sangat diperlukan untuk keperluan hidup sehari-hari.
          Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas air tanah pada daerah permukiman tersebut harus terjamin, agar dapat digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari sesuai dengan standar kesehatan dan baku mutu kualitas air.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 -Orang Berkata -